Pemrograman Batch File

by Brengo Blog | 20.43 in |

Disini saya akan sedikit menjelaskan mengenai batch file, mungkin sebagian besar kita telah banyak yang mengetahui tetapi mungkin jg masih ada saudara-saudara kita yang belum mengetahui...


Langsung ja ya..


Pemrograman batch file tidak lain adalah Pemrograman Windows versi Unix Shell. Mari kita mulai dengan memahami apa yang terjadi ketika kita memberikan perintah DOS.

Pada dasarnya DOS Command adalah sebuah file bernama command.com, file ini (command.com) yang menangani semua perintah DOS yang Anda berikan pada DOS prompt --- seperti COPY, DIR, DEL, dll. Perintah-perintah ini dibangun dengan Command.com file. (Seperti perintah yang dibangun didalam disebut internal command.). DOS memiliki sesuatu yang disebut juga external command seperti FORMAT, UNDELETE, BACKUP,dll.


Jadi, setiap kali kita memberikan perintah DOS baik internal maupun eksternal, command.com langsung menjalankan perintah (internal command) atau panggilan eksternal terpisah program yang menjalankan perintah untuk itu dan mengembalikan Hasil (external command).


Jadi, mengapa saya perlu Batch File Program? Katakanlah Anda perlu menjalankan serangkaian perintah berulang kali untuk melakukan tugas rutin seperti Back up File Penting, Menghapus file-file sementara (*. tmp,. Bak, ~ .* dll) maka sangat sulit untuk mengetik set perintah yang sama berulang-ulang lagi. Untuk melakukan seperangkat perintah massal yang sama dan berulang-ulang, Batch file digunakan. Batch File adalah untuk DOS Macros untuk Microsoft Office dan digunakan untuk melakukan set otomatis standar tugas berulang-ulang.


Jadi, bagaimana cara membuat batch file? Untuk mulai menikmati menggunakan file Batch, Anda perlu belajar membuat Batch file. Batch file pada dasarnya file teks biasa berisi perintah DOS. Jadi editor terbaik untuk menulis perintah Anda adalah Notepad atau DOS Editor. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa batch file harus memiliki ekstensi .BAT (dot bat) Pelaksana batch file cukup sederhana juga. Sebagai contoh jika Anda membuat batch file dan simpan dengan nama file batch.bat maka semua yang Anda butuhkan untuk menjalankan file batch adalah:


C:\windows>batch.bat


Jadi apa yang terjadi ketika Anda mengeksekusi Batch file command.com?

Setiap kali command.com datang di program batch file, itu akan beralih ke batch mode. Dalam batch mode, membaca perintah batch file baris per baris. Jadi pada dasarnya yang terjadi adalah command.com membuka dan membaca batch file baris pertama, kemudian menutup batch file. Kemudian menjalankan perintah lagi dan membuka kembali batch file dan membaca baris berikutnya,dst. Batch file adalah diperlakukan sebagai perintah Internal DOS.



Hacking truth:

Sewaktu membuat batch file, satu hal yang Anda butuhkan adalah untuk tetap diingat bahwa nama file dari batch file tidak harus menggunakan nama yang sama sebagai Perintah DOS. Misalnya, jika Anda membuat batch file dengan nama DIR.BAT dan kemudian mencoba untuk menjalankannya maka pada prompt tidak akan terjadi apa-apa. Hal ini karena ketika perintah datang di command.com, terlebih dahulu memeriksa apakah itu merupakan perintah internal. Jika bukan maka command.com memeriksa apakah itu sebuah. COM, EXE atau.. BAT file dengan nama file yang sesuai.


Segitu dululah ya, soalnya saya juga masih belajar...

hehehehe

Silahkan di tambahkan.....

trimsss.

Share this to..

related post

.::Related Post::.

1 komentar:

  1. BLOG DOFOLLOW on 15 Juni 2012 pukul 19.24

    laptop ane muncul warning : “he instruction at 0x001f1cb0 referenced memory at 0x001f1cb0 bla bla bla …. Click OK to terminate the program, Click Cancel to debug the program”.

    bagaimana cara mengatasinya gan?
    thanks solusinya...
    butuh pencerahan di allyzone7@yahoo.com

     

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Categories

Latest Posts

"ayo gabung"

Katalog

Followers

LINK

Tukeran Link

Get Free Shots from Snap.com